Rabu, 6 Julai 2011

Manusia bertanya ALLAH menjawab


usaha-ikhtiar-pekerjaan-perdagangan-perniagaan
INSAN: Untuk apa engkau ciptakan siang ya Allah ?

ALLAH: Aku menjadikan siang untuk bangun berusaha. Dan carilah apa yang telah Aku anugerahkan kepadamu (kebahagiaan) negeri akhirat, dan janganlah kamu melupakan bahagianmu dari (kenikmatan) duniawi. (Al Qur’an Surat 25.Al Furqoon Ayat 47 dan Surat 28.Al Qoshosh Ayat 77)

INSAN: Engkau menyuruhku untuk berusaha dan tidak melupakan bagianku dari kenikmatan duniawi, bagaimana tanggapanmu jika aku melakukannya ?

ALLAH: Barangsiapa yang menghendaki kehidupan dunia dan perhiasannya (harta dan anak), niscaya Aku berikan kepada mereka balasan pekerjaan mereka di dunia dengan sempurna dan mereka di dunia itu tidak akan dirugikan. Itulah orang-orang yang tidak memperoleh di akhirat, kecuali Neraka dan lenyaplah di akhirat itu apa yang telah mereka usahakan di dunia dan sia- sialah apa yang telah mereka kerjakan. (apa yang mereka usahakan di dunia itu tidak ada pahalanya di akhirat).
(Al Qur’an Surat 11.Huud Ayat 15-16)

INSAN: Bagaimana jika aku mencari uang/harta/rezeki didunia ini agar aku dapat memberikan nafkah untuk diriku dan keluarga (istri dan anak-anakku) sehingga aku dapat mendekatkan diri kepadamu ya Allah ?

ALLAH: Dan sekali-kali bukanlah harta dan bukan pula anak-anakmu yang bisa mendekatkan kamu kepada-Ku sedikitpun, tetapi orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal-amal saleh, mereka itulah yang memperoleh balasan yang berlipat ganda disebabkan apa yang telah mereka kerjakan.
(Al Qur’an Surat 34.Saba’ Ayat 37)

INSAN : Tolong beritahu aku ya Allah, usaha / perbuatan apa yang jika orang melakukannya maka akan merugikan usahanya dan juga merugikan dirinya ?

ALLAH: Apakah akan Aku (maukah Aku) beritahukan kepadamu tentang orang- orang yang paling merugi perbuatannya ? Yaitu orang-orang yang telah sia-sia perbuatannya dalam kehidupan dunia ini, sedangkan mereka menyangka bahwa mereka berbuat sebaik-baiknya. orang yang lebih mencintai bapak, anak, saudara, isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan/cari (uang/materi), perniagaan yang kamu khawatiri kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, adalah lebih kamu cintai daripada Aku dan rasul-Ku dan dari berjihad di jalan-Ku, maka tunggulah sampai Aku mendatangkan keputusan-Ku.
(Al Qur’an Surat 18.Al Kahfi Ayat 103-104 dan Surat 9.At Taubah Ayat 24)

INSAN : Usaha apa didunia ini yang buruk dan usaha yang baik menurut-Mu ya Allah ?

ALLAH: Barangsiapa menghendaki kehidupan sekarang (duniawi), maka Aku segerakan baginya di dunia itu apa yang Aku kehendaki bagi orang yang Aku kehendaki dan Aku tentukan baginya yaitu Neraka Jahannam, ia akan memasukinya dalam keadaan tercela dan terusir. Dan barangsiapa yang menghendaki kehidupan akhirat dan berusaha ke arah itu dengan sungguh-sungguh sedang ia adalah Mukmin, maka mereka itu adalah orang-orang yang usahanya dibalasi dengan baik. Barangsiapa yang mengerjakan amal saleh, baik laki-laki maupun perempuan dalam keadaan beriman (Mukmin), maka sesungguhnya akan Aku berikan kepadanya kehidupan yang baik.
(Al Qur’an Surat 17.Al Isroo’ Ayat 18-19 dan Surat 16.An Nahl Ayat 97).

INSAN : Apalagi ikhtiar/usaha/perniagaan yang baik menurutmu ya Allah ?

ALLAH: Laki-laki yang tidak dilalaikan oleh perniagaan dan tidak (pula) oleh jua- beli dari mengingat Aku, dan (dari) mendirikan sembahyang, dan (dari) membayarkan zakat. Mereka takut kepada suatu hari yang (di hari itu) hati dan penglihatan menjadi goncang.
(Al Qur’an Surat 24.An Nuur Ayat 37)

INSAN: Apa buktinya bahwa Engkaulah yang memberi rezeki kepada semua makhluk yang Engkau ciptakan ya Allah ?

ALLAH: Berapa banyak binatang yang tidak dapat membawa (mengurus) rezekinya sendiri. Akulah yang memberi rezeki kepadanya dan kepadamu. (Al Qur’an Surat 29.Al ‘Ankabuut Ayat 60)

INSAN : Apakah mereka (manusia) akan mendapatkan segala yang dicita-citakannya didunia ini ya Allah ?

ALLAH: Tidak.
(Al Qur’an Surat 53.An Najm Ayat 25)

INSAN : Kenapa ya Allah ?

ALLAH: Aku telah menentukan antara mereka penghidupan mereka dalam kehidupan dunia ini (harta,rezeki,uang,materi,dll.) dan Aku telah meninggikan sebahagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat mempergunakan sebagian yang lain.
(Al Qur’an Surat 43.Az Zukhruuf Ayat 32)

INSAN: Jadi aku harus bagaimana ya Allah, tolong jelaskan kepadaku, sebenarnya usaha / perniagaan apa yang dapat menyelamatkan aku dari azab-Mu ya Allah ?
ALLAH: Sukakah (maukah) kamu Aku tunjukkan suatu perniagaan yang dapat menyelamatkanmu dari azab yang pedih ? yaitu kamu beriman kepada-Ku dan Rasul-Ku dan berjihad di jalan-Ku dengan harta dan jiwamu. Itulah yang lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui. Itulah keberuntungan yang besar.
(Al Qur’an Surat 61.Ash Shof Ayat 10-12)

INSAN : Bagaimana aku bisa berjihad di jalan-Mu sedangkan aku tidak memiliki harta yang cukup dan bagaimana aku bisa memberi nafkah kepada istri dan anak- anakku jika aku tidak berusaha untuk mencari rezeki ?

ALLAH: Bertakwalah kepada-Ku yang telah menciptakan kamu dan umat-umat yang dahulu. Barangsiapa yang bertakwa kepada-Ku niscaya Aku akan mengadakan baginya jalan keluar, dan memberinya rezki dari arah yang tiada disangka-sangkanya. Dan barangsiapa yang bertawakkal kepada-Ku niscaya Aku akan mencukupkan keperluannya. Sesungguhnya Aku melaksanakan urusan yang Aku dikehendaki. Sesungguhnya Aku telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. Dan barang -siapa yang bertakwa kepada Allah, niscaya Allah menjadikan baginya kemudahan dalam urusannya. Sesungguhnya Aku tidak menyalahi janji.
(Al Qur’an Surat 26.Asy Syu’aroo’ Ayat 184, Surat 65.Ath Tholaaq Ayat 2-3-4 dan Surat 13.Ar Ra’d Ayat 31).


BY :http://penulis.bloggaul.com/buku/?op=read&id=109106&idc=786&uname=pancipenyok

Tiada ulasan:

Catat Ulasan

yang menarik di sini :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...